Komputer Akuntansi ( D3 )

Dalam program studi ini, mahasiswa dididik untuk mempunyai pola pikir sebagai pengembang sistem informasi akuntansi. Dengan pola pikir tersebut, mahasiswa akan diuntungkan karena selain mampu mengembangkan sistem informasi akuntansi sendiri, mahasiswa juga mengetahui bagaimana seharusnya suatu software akuntansi bekerja. Dengan demikian, lulusan dari program studi Komputerisasi Akuntansi tidak akan mengalami kesulitan menggunakan berbagai software akuntansi.

Dalam kaitan sebagai pengembang sistem informasi akuntansi, mahasiswa akan dididik secara konsisten untuk menggunakan piranti dan metodologi yang berbasis Object-Oriented karena metodologi serta piranti tersebut yang banyak digunakan oleh industri pada saat ini dan masa yang akan datang. Metodologi seperti RUP, Extreme Programming, serta metodologi-metodologi Agile lainnya seharusnya dipahami dengan baik oleh mahasiswa karena merupakan materi yang diajarkan di Komputerisasi Akuntansi. Demikian juga dengan piranti pemodelan berbasis UML merupakan kompetensi dari mahasiswa Komputerisasi Akuntansi. Seiring dengan makin meningkatkan penggunaan software open source di masa kini dan masa yang akan datang (komitmen dari Oracle, IBM, serta HP menunjukkan hal tersebut), program studi Komputerisasi Akuntansi mendeklarasikan diri sebagai program studi yang memfokuskan diri pada peranti berbasis open source mulai dari awal kuliah sampai mahasiswa lulus.

Sementara itu, dalam kaitannya dengan sistem informasi akuntansi, mahasiswa akan mendapatkan materi yang memadai dalam hal akuntansi serta sistem akuntansi. Akuntansi manual mulai dari akuntansi pengantar, akuntansi keuangan menengah dan lanjut, akuntansi kos dan akuntansi manajemen akan memberi bekal yang memadai bagi lulusan Komputerisasi Akuntansi. Berbagai materi pendukung lainnya untuk kepentingan pengembangan diri (seperti etika bisnis dan profesi, aspek legal, dan lain-lain) dan pengkayaan wawasan bisnis juga diharapkan akan memperkuat lulusan dari Komputerisasi Akuntansi.

Hasil pengamatan dan survey pada berbagai lapangan kerja yang tersedia serta lulusan Komputerisasi Akuntansi yang telah diserap di dunia kerja menunjukkan bahwa lulusan program studi ini mempunyai prospek yang sangat cerah. Beberapa peluang karir dari lulusan ini antara lain:
1. Pengembang sistem informasi, khususnya sistem informasi akuntansi
2. Accounting software maintenance
3. Analis sistem
4. Pengembang web e-commerce
5. Auditor sistem informasi
6. Pekerja dalam sistem akuntansi