STMIK AKAKOM Membantu Meningkatkan Mutu Layanan Sekolah Menengah Kejuruan Melalui Program Kemitraan Masyarakat

Senin, 23 Nopember 2020

Sekolah merupakan lembaga atau institusi yang membantu menumbuh kembangkan ilmu, potensi dasar dari siswa atau peserta didik. Tidak hanya dalam aspek ilmu intelektual, akan tetapi juga dalam aspek kepribadian, tingkah laku, tata krama dan budi pekerti juga diajarkan disekolah. Kualitas sekolah tidak terlepas dari sebuah pelayanan prima yang ditawarkan oleh sekolah. Kualitas yang baik akan menentukan harga jual yang baik pula. Pelayanan prima yang dimiliki sekolah dapat menaikkan harga jualnya. Jika itu sudah terjadi, maka kepercayaan orang tua untuk menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut akan terbangun.

 

Siska Puji Lestarai, S.Kom., M.Pd., selaku waka humas di SMK Muhammadiyah 2 Bantul tersebut mengungkapkan bahwa salah satu permasalahan yang terjadi di sekolah adalah masalah layanan perpustakaan dan pembayaran. Beliau menyebutkan bahwa koleksi buku di perpustakaan dapat dikatakan kurang lengkap, belum ada buku-buku baru yang menunjang proses belajar mengajar siswa sehingga mengurangi minat siswa berkunjung ke perpustakaan. Pencatatan peminjaman dan pengembalian buku masih dilakukan secara manual sehingga sulit untuk melihat stok buku yang masih ada serta keterlambatan dalam pengembalian sulit untuk dilacak. Selain perpustakaan, sistem keuangan di sekolah ini juga masih dilakukan secara manual. Pembayaran SPP dicatat dalam sebuah buku. Masalah yang terjadi adalah orang tua wali tidak dapat memantau langsung terkait dengan status pembayaran sekolah anaknya.

 

Melalui Program Kemitraan Masyarakat yang di danai oleh DRPM Kemenristek / Brin, dosen STMIK AKAKOM  Sumiyatun, S.Kom., M.Cs dan Basuki Heri Winarno, S.Pd., M.Kom., membantu menyelesaikan masalah tersebut dengan membuat sistem informasi perpustakaan serta menambah koleksi buku. Dengan demikian layanan di perpustakaan dapat meningkat. Sedangkan untuk meningkatkan layanan keuangan tim pengabdi membuat sistem e-bayar sehingga orang tua dapat mengecek apakah putra putrinya sudah melakukan pembayaran atau belum. Target yang akan dicapai pada kegiatan  ini adalah meningkatnya layanan dari sekolah menengah kejuruan ini

Berita Lainnya

Showing 1-3 of 475 items.
Mahasiswa dan Dosen ...
Mahasiswa dan Dosen STMIK Akakom Selesaikan MBKM Bangkit Kamis, 08 Juli 2021

Enam mahasiswa dan dua dosen STMIK Akakom Yogyakarta telah sukses menyelesaikan program Bangkit 2021. Program ini merupakan kerjasama Kemendikbudristek dengan Google ... Selengkapnya

PERINGATAN DIES NATALIS ...
PERINGATAN DIES NATALIS STMIK AKAKOM KE-42 Kamis, 01 Juli 2021

YOGYAKARTA – Rapat Senat Terbuka STMIK Akakom dalam rangka memperingati Dies Natalis STMIK Akakom ke-42 diadakan secara virtual pada hari ... Selengkapnya

DOSEN STMIK AKAKOM ...
DOSEN STMIK AKAKOM TERPILIH MENJADI KEPALA BIDANG DATA & IT KONI DIY Kamis, 06 Mei 2021

YOGYAKARTA – STMIK AKAKOM Kembali menunjukan eksistensinya di tingkat provinsi dengan dilantiknya salah satu dosen STMIK AKAKOM yang bernama Sri ... Selengkapnya