Berita

Bikin Bangga! Mahasiswa Ini Satu-satunya Wakil Indonesia di Olympiad Rusia

3 tahun yang lalu

Para pelajar Indonesia dari berbagai daerah memang banyak yang menorehkan prestasi, tak terkecuali Yogyakarta yang memang kental dengan Kota pelajar.

Satu lagi, prestasi ditorehkan dari pelajar dari Jogja, Anang Suwasto, yang merupakan mahasiswa STMIK Akakom Yogyakarta ini menjadi satu-satunya wakil dari Indonesia dalam final International Olympiade Digital Economy yang berlangsung di Rusia.

Anang berhasil menyisihkan ribuan peserta dari berbagai negara dalam tahapan kompetisi secara online. Kompetisi itu dibagi dalam beberapa tahapan yang dari awal diikuti 6.184 mahasiswa dari 50 negara.

Dari penyisihan awal tersebut, kemudian terpilih 23 finalis dari 10 kategori. Kompetisi secara online itu dimulai pendaftaran sejak September 2019 silam, kemudian dimulai tahapan pertama dan kedua pada Januari 2020 hingga tersisa para mahasiswa terpilih yang akan mewakili negaranya.

Anang menjelaskan, pada tahap awal ia mengerjakan secara online 15 soal dengan bobot soal setara S1 dan S2, durasi waktu selama 24 jam. Pada tahap pertama, ia sebagai peserta bebas memilih semua kategori, tetapi di tahap berikutnya akan ditentukan satu kategori saja melalui nilai yang paling tinggi dari soal yang dikerjakan.

"Soal yang lama prosesnya terutama yang butuh penghitungan manual. Kemudian penetapan metode peserta dalam menyelesaikan masalah dalam data sains dalam big data," katanya, melansir dari Harianjogja, Senin (16/3/2020).

Setelah lolos tahap awal, selanjutnya ia kembali mengerjakan soal di tahap kedua, dengan tingkat kesulitan soal yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang pertama. Di tahap kedua, ia memperoleh waktu 12 jam pengerjaan, tetapi ia hanya membutuhkan waktu tiga jam saja.

"Selama mengerjakan tidak selalu di depan laptop, masih bisa saya sambi dengan kegiatan lain. Ada soal pilihan ganda juga, tetapi tingkat kesulitan soal ada yang standar S1 dan S2. Termasuk ada hitungan matematikanya," ucap mahasiswa semester enam Jurusan Informatika STMIK Akakom ini.

Ia berhasil menyisihkan ribuan peserta dari 50 negara selama babak penyisihan finalis. Dua hingga tiga finalis dipilih per kategori. Ia akan bersaing dengan dua rivalnya dari India dan Tajikistan pada final di Kota Moskow, Rusia pada 25 Maret 2020 mendatang, untuk kategori data sains.

Di final nanti, para peserta juga mengerjakan soal dengan cara yang sama seperti saat  "Tetapi mengerjakannya langsung di Moskow Rusia, saat ini persiapan lebih pada pengayaan materi dengan didampingi dosen," kata Anang. Dosen Informatika STMIK Akakom, Sri Redjeki menyatakan, Anang memiliki kemampuan tersendiri di bidang analisis big data. Leader Program Google Developer Student Club (DSC) ini juga kerap dilibatkan dalam riset terkait data digital. Selain itu, beberapa kali menjadi perwakilan kampus dalam ajang kompetisi, yang terakhir kali mendapatkan juara dalam event Dinakom di Universitas Dian Nuswantoro, Semarang melalui karya kelompoknya membuat aplikasi khusus penjual sayuran. "Untuk persiapan ke final, kami mendampingi dengan mengkaji beberapa contoh soal,

Meski begitu, kabar merebaknya corona cukup membuat kendala tersendiri. Meski begitu, Ia berharap wabah ini segera dapat ditangani dan berakhir. Anang juga menegaskan akan tetap berangkat ke Moskow karena pihak penyelenggara telah memberikan jaminan bahwa kondisi di Rusia aman dari corona. Semoga saja nanti kondisinya stabil, semua sudah siap tinggal berangkat dan sudah ada konfirmasi dari panitia di Rusia, bahwa kondisinya aman," katanya. Sri Redjeki mengatakan, kampus telah memberikan izin karena pihak penyelenggara telah memberikan jaminan. Ia juga mengatakan, pihaknya terus memantau selama perjalanan.

Sumber Berita : https://jogja.suara.com/read/2020/03/17/112708/bikin-bangga-mahasiswa-ini-satu-satunya-wakil-indonesia-di-olympiad-rusia


Berita Lainnya

Sukses Besar, Radio Smart 102.1 FM Yogyakarta Gelar 'Smart Healthy' di UTDI
Sukses Besar, Radio Smart 102.1 FM Yogyakarta Gelar 'Smart Healthy' di UTDI

11 hari yang lalu

YOGYAKARTA – Radio Smart 102.1 FM Yogyakarta telah sukses menyelenggarakan acara bertajuk "Smart Healthy" yang mengusung tema “Sadar Menjaga Reproduksi Sehat”. Acara ...

Selengkapnya
UTDI Resmi Kerjasama Dengan PT Siber Sekuriti Indonesia
UTDI Resmi Kerjasama Dengan PT Siber Sekuriti Indonesia

14 hari yang lalu

YOGYAKARTA - Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI) yang dahulu Bernama STMIK AKAKOM dan sekarang menjadi UTDI mulai tahun 2021 kini resmi ...

Selengkapnya
UTDI Gelar Pelatihan Komputer untuk Guru PAUD
UTDI Gelar Pelatihan Komputer untuk Guru PAUD

satu bulan yang lalu

YOGYAKARTA – Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI) kembali menunjukkan komitmennya dalam pengabdian masyarakat dengan menyelenggarakan kegiatan pelatihan komputer untuk guru PAUD. ...

Selengkapnya