"Aplikasi Augmented Reality Candi (Arca)", Solusi Bagi Wisatawan Yogyakarta.

melihat adanya keprihatinan terhadap beberapa wisatawan yang kesulitan mengakses informasi sejarah karena terhambat oleh akses yang kurang memadai serta kesulitan tanpa adanya tour guide pada saat berkunjung ke Candi di Yogyakarta  diantaranya candi Prambanan, Candi Boko dan Candi Borobudur, Doni Yanuar K P  (Manajemen Informatika STMIK Akakom), Sahril (Teknik Informatika STMIK Akakom), Ghea Alifah Rizaldi (AMP-TA), dan Dhonny Dharmawan Assarie (Universitas Alma Ata)  memberikan terobosan baru dengan menciptakan aplikasi Augmented Reality Candi (Arca).

kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari (6-8 September 2019) diselenggarakan oleh G45space dan Innovative academy UGM inovasi menghasilkan 6 Start Up dengan aplikasi Arca meraih penghargaan juara 1 Start-up Weekend. Aplikasi yang dibuat oleh sahril bersama 3 rekannya mendapatkan perhatian dan juga respon positif dari pihak pengelola Candi Borobudur, Candi Boko serta Candi Prambanan. aplikasi ini diharapkan nantinya juga dapat dikembangkan pada tempat-tempat bersejarah lainnya guna kepentingan edukasi berbasis teknologi sehingga informasi yang dibutuhkan dapat diterima dengan cepat dan akurat. 

Ditegaskan Doni dan Sahril, aplikasi ini merupakan solusi nyata bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke tempat sejarah , sehingga tidak hanya sekedar membeli tiket , foto-foto dan melihat-lihat sebentar lalu pulang melainkan mereka mendapatkan edukasi baru dari tempat sejarah yang dikunjungi.