Kursus via Daring, STMIK Akakom Kerja Sama dengan Coursera

STMIK Akakom bekerja sama dengan Coursera untuk melakukan kursus via daring. Ini dilakukan sebagai penunjang kegiatan pembelajaran ditengah pandemi Covid-19.

Administrator Program Bambang Purnomosidi Dwi Putranto mengatakan, dalam kerja samanya, Coursera memberikan 2.000 voucher gratis untuk STMIK Akakom yang dapat digunakan oleh dosen, staf, maupun mahasiswa dengan periode penggunaan sampai dengan Januari 2021.

“Dengan catatan semua course menggunakan pengantar dan/atau subtitle Bahasa Inggris, serta hanya dibutuhkan browser dan koneksi internet untuk dapat mengakses Coursera,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, kerja sama ini bagus bagi civitas akademika STMIK Akakom karena dapat meningkatkan skill dalam bidang tertentu yang terkait dengan kebutuhan industri teknologi informasi.

Selain itu, kerja sama ini juga memberikan kesempatan bagi civitas akademika untuk mendapatkan sertifikasi dari berbagai perguruan tinggi bertaraf internasional. “Juga memperluas jejaring profesional melalui komunikasi dengan berbagai peserta yang berasal dari berbagai negara,” ujar Bambang Purnomosidi Dwi Putranto via WhatsApp, Rabu (28/4).

Coursera sendiri adalah perusahaan teknologi pendidikan Amerika Utara yang didirikan oleh Profesor Ilmu Komputer Andrew Ng dan Daphne Koller. Coursera menawarkan kursus online tersertifikasi di berbagai bidang minat. Platform kursus online ini menawarkan berbagai macam kursus di bidang IT seperti Machine Learning, Web Intelligence and Big Data, Model Thinking, Networked Life, Computing for Data Analysis, Game Theory, Data Analysis, E-Learning and Digital Cultures, dan masih banyak lainnya.

Platform ini dipilih karena memberikan banyak kemudahan seperti akses konten nyaman dan cepat, tersedia konten pembelajaran online dalam bentuk spesialisasi maupun terpisah-pisah.

Dengan demikian, pembelajaran bisa lebih terarah (melalui spesialisasi) maupun bebas (jika kita sudah mempunyai wawasan keilmuan). Materi pembelajaran disediakan oleh berbagai universitas yang dikenal baik di seluruh dunia, proses penyediaan konten pembelajaran juga melalui verifikasi dan validasi yang membuat para pembelajar lebih yakin dengan kualitas pembelajaran. Selain itu, pembelajarannya terstruktur dan mudah dipahami, pembelajaran meliputi video, teks, quiz, maupun penugasan yang harus dipelajari dan dikerjakan sebagai syarat penyelesaian proses belajar serta serfifikat yang berasal dari Coursera selama ini mempunyai tingkat penerimaan yang baik dari industri.

“Diharapkan dengan adanya kerja sama ini menambah semangat mahasiswa untuk mendapatkan ilmu lebih luas dan menambah skill di bidang IT di tengah situasi yang tidak kondusif seperti saat ini,” ujarnya.

sumber : https://radarjogja.jawapos.com/2020/04/30/kursus-via-daring-stmik-akakom-kerja-sama-dengan-coursera/