Kuliah Umum “Big Data dan Smart City”

STMIK Akakom Yogyakarta mengadakan kuliah umum dengan tema “Big Data dan Smart City” sebagai rangkaian kegiatan International Seminar on Research of Information Technology and Intelligent System (ISRITI). Kuliah umum yang diselenggarakan pada Kamis (22/11/2018), membahas tentang “Computational Thinking and Data Science” yang dibawakan oleh Prof. Chuan-Ming Liu, Ph.D dari Department of Computer Science and Information Engineering – National Taipei University of Technology. Kegiatan yang berlangsung pukul 09.00 – 12.00 WIB ini diadakan di Ruang Presentasi STMIK Akakom Yogyakarta.

Big data merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan data dalam volume besar. Saat ini, big data digunakan dalam banyak bisnis yang berguna untuk kegiatan analisis dalam bisnis sehingga dapat dilakukan pengurangan biaya dan waktu, pengembangan produk baru, optimalisasi penawaran produk hingga pengambilan keputusan yang cerdas. Sebagai tanggapan atas trend tersebut, STMIK Akakom Yogyakarta mengadakan kuliah umum terkait big data untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan kemampuan di bidang tersebut.

Materi yang disampaikan dalam kuliah umum membahas tentang 2 hal: computational thinking and data science serta kesempatan studi di National Taipei University of Tech. Materi pertama membahas mengenai padanan ilmu dalam big data. Materi kedua membahas secara singkat National Taipei University of Technology serta kesempatan studi di institusi pendidikan tersebut.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh Deborah Kurniawati, S.Kom., M.Cs., ketua panitia kuliah umum “Big Data dan Smart City”, acara ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk realisasi kerja sama yang terjalin antara STMIK Akakom Yogyakarta dengan National Taipei University of Technology. Selain itu, kuliah umum dilaksanakan dalam rangka program kerja seluruh program studi yang ada di STMIK Akakom Yogyakarta dan sebagai salah satu rangkaian kegiatan peninjauan Kurikulum 2019.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari lingkungan STMIK Akakom Yogyakarta. Sebanyak 275 peserta yang terdiri atas mahasiswa dan dosen menghadiri kuliah umum tersebut. Mahasiswa STMIK Akakom Yogyakarta secara aktif bertanya, baik mengenai materi seputar big data maupun kesempatan studi di National Taipei University of Technology.