Penandatangan Kerjasama STMIK AKAKOM dengan Asosiasi Cloud Computing Indonesia

ACCI yang mempunyai kepanjangan Asosiasi Cloud Computing Indonesia adalah sebuah organisasi non-profit yang  diharapkan akan mampu menselaraskan perkembangan teknologi Cloud Computing serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk memenuhi kebutuhan industri dan atau meningkatkan kewirausahaan di bidang teknologi informasi. ACCI memiliki member yang terdiri dari provider cloud baik lokal dan global, profesional, dan insitusi. ACCI sudah berafiliasi dengan APTIKOM dan LSP Informatika untuk pengembangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) kategori Teknologi Informasi dan Komunikasi Bidang Cloud Computing. 

STMIK AKAKOM Yogyakarta telah menerapkan kurikulum cloud computing sejak tahun 2014. Pada hari Senin (14/05) Bapak Alex Budiyanto, selaku ketua umum Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI) mengunjungi STMIK Akakom untuk menjelaskan program kerjasama ACCI dengan institusi. Dengan adanya kerjasama ini memungkinkan pengembangan kurikulum dengan standarisasi industri. ACCI memberikan fasilitas berupa pelatihan, kurikulum, akses lab virtual di layanan cloud, dan program sertifikasi. ACCI juga menawarkan program magang untuk mahasiswa STMIK AKAKOM dan kemudahan masuk ke industri penyedia layanan cloud atau perusahaan penggunakan layanan cloud seperti startup. 

Kegiatan penandatanganan MoU berlangsung pada Selasa (15/05) di seminar  "Cloud Computing: Infrastruktur Ekonomi Digital Indonesia" yang bekerjasama dengan APTIKOM. Diharapkan dengan momen ini, seluruh kampus di indonesia dapat terlibat dalam pengembangan kurikulum cloud computing di institusi pendidikan.